Jumat, 27 April 2012

RIWAYAT HIDUPKU

          SWILLSOND M.KWALIK





RIWAYAT HIDUP TENTANG SAYA

Saya salah satu anak bunngsu dari kedua kakaknya,dan pada saat itu kira-kira umur saya tujuh tahun meninggalkan kedua orang tua saya. lalu ikut ipar laki-laki dan kakak perempuan.
dari Alama menuju bomindogom,karena waktu itu dikejat oleh kopasus/baret merah.tinggal diBomindogom selama 3 bulan5 hari.berikutnya dikejat oleh kopasus terpaksa menggalkan tempat kediamannya lalu menuju ke ongoa. tinggal diongoa selama 1 bulan tengah.tidak lama lagi dikejat oleh kopasus,terpaksa meninggalkan tempat lalu menuju kampung kimilmaogom,timggal dikimilmaogom selama satu minggu satu hari.dikejat lagi oleh kopasus,kemudian meninggalkan tempatnya menuju ke amongkonop,tinggal disalah satu tempat yaitu:digimkomoki nomon.dengan bhs indonesianya tempat penggalian tanah merah,atau kali merah.tinggal selama 5 bulan. kemudian ada isu bahwa banyak masyarakat yang mulai aman,kemudian kami dengar hal itu mereka mengambil keputusan,yang mo tinggal siapa dan yang mo aman siapa.tapi pada waktu itu ada dua keluarga yang tidak mo aman,dan lima kerabat lainnya sepakat bahwa harus aman.kemudian kelima keluarga ini meninggalkan tempat dan menuju Jila perjalanan selama 5 hari keenamnya tiba dijila.pada waktu itu juga dijemput oleh 752 dan kopasus.setelah itu saya tinggal di jila selama dua tahun,selama itu saya pingin kekampung alama tapi karena saya tidak mampu jalan sendirian.kebetulan perjalanan menuju alama sayapun belum tahu persis,selama dua tahun saya tinggal dijila,rindu........tidak bisa dibayangkan dan ini salah satu kerinduan yang luar biasa yang asya pernah alami selama 4 tahun saya meninggalkan kedua orang tua saya.pada waktu itu saya mendapatkan imfo bahwa papa anda suadh datang tapi saya tidak yakin dan saya tanya salah satu orang tua begini hal itu benar,maka saya semangat luar biasa. kemudian saya menuju ke papa saya pada waktu itu orang tua saya bingung.dan papaku peluk saya dan menangis....ini adalah salah satu kerinduan yang luar bisa saya pernah alami.dan ini adalah satu pengalaman yang saya dasarkan selama saya menuntut ilmu kota Manado. terus 3 hari kemudian papa kakak perempuan kami menuju ke kampung Alama waktu saya tiba di kampung saya yang tercinta mama saya pelukku dan menangis.kemudian saya tinggal dengan orang tua saya selama 2 tahun. pada waktu itu ada imfo bahwa pencarian kayu gaharu di Daerah Blumen.maka waktu itu saya meninggalkan orang tua saya, dan saya menuju kelokasi tersebut. saya mencari kayu gaharu selama satu bulan.waktu itu saya perahatikan elicopther yang selalu antar-antar bama ke lokasi tersebut. sebenarnya elicopther itu benda mati tapi bisa terbang jugae.. ini saya berpikir dalam hati saja tapi muncullah rasa ingin tanya. kebetulan waktu itu ada bapa adik john kemong.
waktu itu pertanyaan saya adalah: bapa adik sebenarnya helicopter ini saya lihat benda mati tapi kenapa sampai dia bisa mendarat dihutan ini?....
kemudian bapa adik john kemong jawab.
yang pegang helicopter adalah orang bersekolah
sehingga dia bisa mendarat dimana-mana.
saya dengar jawaban itu benar.dan pada waktu itu juga saya mengambil keputusan dalam hati bawa saya harus meninggalkan lokasi tersebut besok. hari esoknya saya menuju kekampung.3 hari dikampung dan saya panggil salah satu adik saya yang bernama mekailame murib sementara dia SMA di Semarang sana. dan saya bisik ditelingah adik esok pagi ikut saya. kemudian adik saya tanya mo kemana kaka?....kemudian saya jawab mo pergi sekolah diAkimuka dengar itu adik saya setuju.kemudian hari esoknya saya dengan adik saya diam-diam menuju ke Bella bermalam di bella lalu berangkat ke jila. satu hari dijila hari esoknya ikut helicopter berangkat ke Agimuga. lalu melaporkan diri ke kepala sekolah yang bernama kristian wanggai.
nama sekolah SD YPPK Belakmakam di kiliarma. menyelesaikan SD.kemudian melanjutkan SMP Negeri 1 Akimuka. setelah menyelesaikan SMP menuju ke Timika dan saya ikut tes di LPMAK Kebetulan dinyatakan saya lolos. kemudian ada pengumuman bahwa akan berangkatkan dikota manado.1 hari kemudian diberangkatkan kekota manado.bersama-sama dengan teman-teman 32 orang tapi yang berhasil mendapatkan ijasah SMA hanya 23 orang salaha satunya saya sendiri.kemudian saya dengan teman-teman di tes oleh Tim kerjasama LPMAK Unsrat. kebetulan saya tembus di Fakultas Hukum(FACULTY OF LAW) Universitas Sam ratulangi Manado.sekarang saya semester IV.selama saya kuliah 3 semester yang lalu Saya mendapatkan IP yang memuaskan saya,ini adalah bukan kepintaran saya melainkan pertolongan tuhan yang begitu luar biasa kepada saya.
oleh sebab itu saya mengucap syukur kepada tuhan yang Mahakuasa.
yang kedua saya berterima kasih kepada kedua orang tua saya yang telah membesarkan saya masih kecil.

ke 3 saya berterima kasih kepada Lembaga LPMAK yang membiayai selama saya menuntut Ilmu dikota manado.
semua yang saya ceritakan diatas akan diberikan Imbalan oleh yang mahakuasa.karena saya sebagai manusia biasa tidak mampu untuk memberikan imbalan kepada orang yang selalu menolong saya dalam doa,masalah pinancial dikota studi.
akhir kata Amolongo.....

editor Odi Oliver M.Kwalik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar